KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK DESA PANGBATOK PROPPO PAMEKASAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. di gua hera’ adalah surat Al-Alaq, ayat (1) s/d ayat (5) yang di dalam ayat-ayat tersebut mengandung anjran untuk membaca. Di sana tertulis “Iqra’” yang artinya “membaca”.


Berpijak dari ayat-ayat tersebut adalah anjuran bagi semua umat Nabi Muhammad untuk selalu membaca dan belajar. Sehingga dengan anjuran itu sudah sangat tidak pantas bagi kaum muslimin untuk tetap dalam kondisi demikian, karena umat muslim memiliki pedoman yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadits. Hal ini tidak akan bisa memahami isi pedoman itu tanpa bisa membaca tulisan arab.
Tapi hal itu masih belum terlaksana sebagaimana mestinya dan masih banyak masyarakat yang masih buta dalam hal baca tulis. Sedangkan firman Allah SWT. Yang turun pertama kali adalah IQRO’ yang arti secara bahasa adalah membaca dari hal itulah kami berharap utamanya kepada pemerintah khususnya yang ada dibidang pendidikan bagaimana cara untuk membuat masyarakat bisa membaca karena dengan membaca bisa mendapatkan informasi secara tertulis dan hal ini masih menjadi masalah besar bagi pemerintah, karena yang disebut masalah adalah kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Sedangkan kenyataan yang ada dilapangan masih belum sesuai dengan harapan pemerintah.
Suatu studi kasus yang penulis dapatkan di desa Pangbatok Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan masih banyak penduduk yang masih tertinggal, yakni masih banyak penduduk yang belum bisa baca tulis, baik latin maupun arab, sehingga dengan demikian dapat mempengaruhi masyarakat tidak dapat mengakui hukum islam secara benar, karena kebanyakan dari mereka tidak dapat memahami isi kandungan Al-Qur’an dan Al-Hadits di desa tersebut. Dalam hal ini harus ada tindak lanjut dan penyikapan yang harus dipenuhi oleh kita semua untuk menghindari jumlah pengangguran yang lebih banyak.
Untuk dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan pengetahuan dalam hal dimaksud di atas, maka saya sebagai anggota dari mahasiswa KKN 2010 Universitas Islam Madura yang bertempat di Desa Pangbatok Kec. Proppo Kab. Pamekasan ingin memberikan pembelajaran tulis-baca arab sebagai momentum pengkaderan umat selanjutnya yang mempunyai basis keislaman yang kental dengan mewujudkan kader masyarakat yang bisa menulis dan mebaca arab.
Dari uraian di atas, penulis berminat untuk mengadakan sebuah program untuk menyikapi hal tersebut di atas dengan tujuan untuk menindak lanjuti angka pengangguran yang masih banyak di desa tersebut dengan mengambil judul “PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK DESA PANGBATOK PROPPO PAMEKASAN”

B. PERMASALAHAN
Suatu permasalahan besar yang kami dapatkan di desa pangbatok proppo pamekasan adalah:
1. Di posko XIII Desa Pangbatok Proppo yang bisa dikatakan masih pedalaman utamanya. Disana masih banyak anak-anak yang awam yang tidak bisa baca tulis arab yang tidak dapat perhatian dari pemerintah secara luas dan tokoh agama, itu akan menghambat terhadap kemajuan desa dan perkembangan desa.
2. Desa ini adalah desa yang bisa dikatakan masih kumuh, yang kalau bisa saya katakan di desa ini masih belum terlaksananya pembelajaran arab
3. Meski ada madrasah, yang merupakan tempat pendidikan diniyah, di sana masih belum ada pembelajaran intensive dalam bidang baca tulis arab.


C. TUJUAN, MANFAAT DAN DAMPAK
1. Tujuan
Dengan diadakannya pembelajaran baca tulis arab bertujuan sbb:
a. Peserta didik akan tahu pentingnya membaca dan menulis arab untuk masa depan mereka.
b. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis arab.
c. Sebagai acuan/praktek sehingga nantinya peserta didik bisa membaca dan menulis ayat-ayat al-qur’an dan hadits dengan baik serta bisa memahaminya dengan benar dan fasih.
2. Manfaat
Manfaat diadakannya pembelajaran baca tulis arab salah satu diantaranya adalah:
a. Peserta didik bisa membaca dan menulis arab dengan baik dan menggunakannya yang tepat.
b. Peserta didik bisa mengembangkan bakatnya membaca dan menulis arab
c. Siswa mampu meningkatkan keterampilan membaca dan menulis arab
d. Peserta didik meningkatkan motivasi dan semangat untuk mempelajari membaca dan menulis arab
3. Dampak
Program membaca dan menulis arab ini memiliki dampak positif yang nantinya peserta didik bisa membaca al-qur’an dan hadits dengan baik serta mampu memahaminya.







BAB II
PEMBAHASAN

A. RENCANA KEGIATAN
Agenda kegiatan yang kami ancangkan untuk membuat masyarakat bisa membaca huruf arab tidak jauh beda dengan belajar mengajar pada umumnya, Cuma mungkin lebih membutuhkan ketelatenan dari pengajar maupun dari pihak-pihak yang diharapkan support-nya.
Hal ini akan diformat seefisien mungkin tapi bisa mendapatkan sebuah hasil yang maksimal, dan kemungkinan besar metode pengajarannya menggunakan metode yang baru yaitu CTL (Contextual Teaching Learning) dan program ini akan ditempatkan disebuah tempat yang sangat strategis sekali dekat dari rumah permukiman penduduk yang banyak masyarakatnya, yang rencananya mau ditempatkan di balai desa pangbatok proppo pamekasan.
Rencanaya mau diadakan setiap hari selama satu bulan yang natinya diharapkan ada pengganti untuk melanjutkan program tersebut demi terciptanya masyarakat yang tidak buta dalam tulis dan baca arab.

B. BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan yang kami ancangkan yaitu system Tutor dengan metode mengajar yang objektif dan kontextual, sehingga anak didik atau pelajar tersebut bisa belajar dengan nyata yaitu dengan belajar yang diarahkan terhadap satu persatunya huruf kemudian mereka dipraktekkan bagaimana penggunaannya baik dengan membaca buku-buku penduan yang ada atau mereka disuruh menulis dengan huruf-huruf yang mereka sudah ketahui.

C. TAHAPAN KEGIATAN
c.1. Tahap Awal
Untuk pengadaan tempat pelaksanaan pembelajaran buta huruf arab


c.2. Tahap Proses
Pembelajaran yang memperkenalkan huruf-huruf terlebih dahulu baik secara bacaannya atau sebutannya atau nama-nama huruf itu sendiri, dan kemudian diberikan cara menulisnya.
Buku yang kami gunakan sebagai panduan dalam baca tulis arab ini adalah at-tanzil, suatu pedoman yang biasa digunakan di satuan pendidikan tingkat RA atau TK

c.3. Tahap Pengembangan
Tahapan ini dititik beratkan terhadap pendalaman baca tulis arab bagaimana cara mengejanya dan bagaimana cara pengucapannya yang baik, yang hal itu pada akhirnya diuji dengan bermacam cara untuk mengetahui seberapa besar kemampuan yang mereka peroleh dalam hal baca tulis. Adapun yang kami butuhkan adalah al-qur’an sebagai bahan praktik mereka dalam mebaca dan menulis alqur’an

BAB III
PENUTUP

Alhamdulillah wajib kita syukuri karena kita masih bisa diberi kesempatan berfikir buat kebaikan masyarakat bersama karena masyarakat setempat merupakan masyarakat yang sama muslimnya semoga apa yang diharapkan dengan pemberantasan buta huruf disini khususnya huruf latin bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan harapan kerangka-kerangka terencana yang telah tersusun pada tahapan-tahapan kegiatan dan semoga apa yang telah direncanakan oleh kami bisa berjalan sebagaimana mestinya dan bisa bermanfaat bagi pelajar dan pengajar khususnya
Dan dengan ini kami lampirkan kebutuhan-kebutuhan dana dalam proses pelaksanaan untuk kelancaran segala aktivitas belajar mengajar selama satu bulan baik dari segi sarana maupun prasarana.


TAKSASI DANA
1. Papan tulis putih @ Rp. 110.000 X 2 Buah
2. Buku Panduan Guru @ Rp. 20.000 X 2 Orang
3. Alat Tulis Spidol Bord marker @ Rp. 4.500 X 4 Buah
4. Honor Tutur @ Rp. 20.000/1 Pertemuan X 2 Orang
5. Buku Bacaan Buat Pelajar @ Rp. 5.000/buah x 40 Orang
6. Kertas karton @ Rp. 1.200 X 4
Total Biaya Rp. 220.000,00
Rp. 40.000,00
Rp. 18.000,00
Rp. 160.000,00

Rp. 200.000,00
Rp. 4.800,00
Rp. 642.800,00
Terbilang
(Enam Ratus Ribu Empat Puluh Dua Ribu Delapan Ratus Rupiah)

download file lengkapnya : DOWNLOAD
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Pendidikan Islam dengan judul PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK DESA PANGBATOK PROPPO PAMEKASAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2010/08/pembelajaran-baca-tulis-al-quran-bagi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK DESA PANGBATOK PROPPO PAMEKASAN"

Post a Comment

TULIS DISINI....