KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Proposal Pengadaan Alat Sholat dan Buku Keagamaan di Masjid Desa Tattangoh

BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG
Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) sebagai sesuatu yang penting, harus dilakukan mahasiswa dalam rangka ikut dan turut serta dalam memberikan solusi dalam persoalan-persoalan masyarakat dengan tetap melibatkan peran serta aktif warga setempat. Kuliah Kerja Nyata merupakan wujud dari pengabian masyarakat yang bertujuan pada pengembangan kepribadian (personality development), pengembangan masyarakat (community development) dan pengembangan kelembagaan ( intitusi development ) dengan harapan memeberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat yang akan ditempati.


Dengan demikian KKN memiliki makna yang cukup signifikan. Selain aplikasi luhur perguruan tinggi dalam melakukan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pengamalan ilmu dan pengetahuan, KKN juga merupakan aktifitas transformasi sosial budaya sebagai upaya pengembangan dan proteksi sumber daya lokal yang merupakan aset nasional yang sangat berharga.
Masjid Babul Fattah Desa Tattangoh Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu sasaran Kuliah Kerja Nyata. Sebagian besar masyarakat Desa Tattangoh Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan menganut agama Islam. Terdapat dua buah tempat ibadah yaitu masjid dan mushola. Namun untuk masjid lebih banyak dijadikan sebagai tempat ibadah dan pusat informasi. Sedangkan musholla lebih dijadikan sebagai tempat ibadah dan sarana pendidikan agama.
Namun mungkin karena pola pikir yang masih terlalu minim sehingga kegiatan keislaman kurang begitu berjalan dengan baik. Meskipun sebetulnya kegiatan-kegiatan keagamaan seperti kegiatan, pengajian rutin remaja, ibu-ibu, bapak-bapak, dan kegiatan-kegiatan lain biasa dilakukan warga Desa Tattangoh Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan dan akhirnya perlu adanya tambahan peralatan dalam bentuk AlQuran, Iqra dan buku-buku keagamaan. Hal ini dimaksudkan agar warga memahami pengetahuan tentang agama secara maksimal.

B. PERMASALAHAN
Beberapa kendala yang terjadi di Desa Tattangoh Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, Karangasem yaitu :
1. Minimnya sarana dan prasarana yang medukung kegiatan TPA;
2. Minimnya pengetahuan agama;
3. Kurangnya tenaga pengajar TPA.
Berdasarkan hal tersebut, dalam Kuliah Kerja Nyata program Ekstensi ini, kami berkeinginan untuk meningkatkan pengetahuan tentang keagamaan dengan menitik beratkan pada kegiatan pengadaan al-qur’an, al-hadits, iqra, jus amma, dan buku-buku tentang keagamaan, guna mengembangkan dakwah islamiah di dusun Sanggrahan, Karangasem.

C. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dari kegiatan Pengadaan Alat Sholat dan Buku Keagamaan adalah sebagai berikut :
1. Masjid dan TPA memiliki iventaris yang dapat diakses warga muslim.
2. Mengembangkan dakwah islamiah melalui media tulisan.
3. Memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana masjid dan TPA.

D. TARGET KEGIATAN
Dengan diadakannya kegiatan Pengadaan Alquran, Iqra dan Buku Keagamaan, maka diharapkan dapat mencapai target-target sebagai berikut :
1. Mengembangkan minat baca warga terutama mengenai pengetahuan keagamaan.
2. Menghidupkan dan memakmurkan masjid.
3. Tercapainya dakwah islamiah kepada masyarakat melalui tulisan/bacaan.
4. Wawasan agama masyarakat dusun Mancasan meningkat

E. MANFAAT KEGIATAN
Manfaat kegiatan Keagamaan Pengadaan Alquran dan Buku ini adalah meningkatkan pengetahuan keagamaan warga dan menjadikan suasana Islami di lingkungan Desa Tattangoh Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.


BAB II
PROGRAM

A. RENCANA KEGIATAN
Rencana pengadaan Alquran dan Buku ini dilakukan dengan cara :
1. Pencarian dan pengumpulan peralatan sholat melalui proposal dan sukarela.
2. Pencarian dan pengumpulan buku-buku bacaan melalui proposal dan sukarela.
3. Penyerahan, pembagian, dan penataan peralatan sholat dan buku.
Pelaksanaan kegiatan pengadaan alat sholat dan buku ini dilakukan dengan metode kerja sama antara mahasiswa dengan pemuda Desa Tattangoh Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.

B. BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan ini berupa 2 bentuk kegiatan :
a. Kegiatan yang bersifat umum
Dalam hal ini kegiatan difokuskan pada pengadaan Al’quran, iqro dan buku keagamaan yang bertujuan untuk membantu memperlancarnya program kegiatan yang ada di musholla-musholla, terutama tiap dusun.
b. Kegiatan yang bersifat khusus.
Yang mana kegiatan ini difokuskan dalam hal tertentu, contohnya: belajar baca Al-Qur’an dll.

C. TAHAPAN KEGIATAN
Adapun tahapan metode dan strategi pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1. Pencarian dan pengadaan alat sholat dan buku.
Metode : meminta sumbangan baik dana atau benda.
Waktu pelaksanaan :
Alat-alat / bahan : - Proposal
- Kantong kresek dan kardus
- tali rafia
2. Pengumpulan, pemberian, dan penataan alat sholat dan buku
Metode : merapikan dan memberikan ke Musholla.

F. TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN
Kegiatan pengadaan Alquran dan buku ini dilaksanakan di desa Tattangoh Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, dimulai pada tanggal 12 Juli s/d 9 Agustusu 2010
Adapun perincian waktu dan tempat kegiatan adalah sebagai berikut :
No. Nama Kegiatan Rincian Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Jam Pelaksanaan
1 Pembuatan proposal bantuan Pembuatan proposal bantuan 12-Juli-2010 08.00 s/d 11.00
2 Pencarian bantuan Mengirim proposal dan meminta sumbangan sukarela 13-Juli-2010 13.00 s/d 16.00
3 Pemberian Bantuan Merapikan, pemberian peralatan sholat dan buku. 15- Juli -2010 13.00 s/d 17.00
Pemberian peralatan sholat dan buku 15-Juli-2010


G. BENTUK BANTUAN
1. Peralatan sholat
2. Buku-buku bacaan ilmu pengetahuan dan keagamaan


BAB III
PENUTUP
Alhamdulillah, puja dan puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT. Atas Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga proposal ini dapat tersusun dengan baik. Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada Bpk.Agus Mulyadi MM. selaku DPL, Bpk. Moh. Fauzan selaku Kepala Desa Tattangoh Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan para pemuda dan rekan-rekan KKN Posko 17 serta semua komponen yang terkait atas terselenggaranya ini.
Demikian proposal kegiatan ini saya susun berdasarkan sosialisasi dan informasi yang saya kumpulkan dari masyarakat. Semoga kegiatan ini mendapat sambutan dan dukungan dari semua pihak baik secara moril maupun materil demi terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar.


RENCANA ANGGARAN PENDANAAN


Dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini sebesar, Rp. 1.500.000 (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).
Adapun dana kegiatan ini diharapkan dapat terpenuhi dari:
a) Sumbangan para peserta KKN 2010
b) Sumbangan dari para donatur
c) Kerjasama / sponsorship
d) Usaha lain yang halal dan tidak mengikat

download file lengkapnya :




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Pendidikan Islam dengan judul Proposal Pengadaan Alat Sholat dan Buku Keagamaan di Masjid Desa Tattangoh. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2010/08/proposal-pengadaan-alat-sholat-dan-buku.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "Proposal Pengadaan Alat Sholat dan Buku Keagamaan di Masjid Desa Tattangoh"

Post a Comment

TULIS DISINI....