KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Sebelum melakukan langkah-langkah ini, pastikan data anda aman. Anda bisa mem-backupnya dulu dengan cara digabungkan dengan harddisk yang normal, jangan lupa seting jumpernya diposisi Slave.
Lakukan proses LLF (Low Level Format), bisa dengan Program MaxLLF dan DiskManager atau HDD Regenerator. (Perhatian! Pastikan data anda backup dulu).
Lakukan Partisi dengan satu Partisi.
Lakukan Perintah Format /c (untuk memeriksa letak dimana terdapat bad sector). Ketik: “Format
C: /c” lalu ENTER (opsi /c untuk melakukan perintah pemeriksaan bila terjadi bad sector, pemeriksaan ini terjadi saat proses format berlangsung).
Jika proses menemukan bad sector akan muncul pesan : “Trying to recover to allocation unit” diikuti angka dibelakangnya, yaitu angka yang menunjukan posisi bad sector. Sebagai contoh, jika kerusaka terjadi pada proses sebagai berikut : “Formating 2,202.01M Trying to recover allocation unit 750,000”. Catat posisi bad sector tersebut, berarti kerusakan terjadi pada prosentase ke 34% 750,000 / 2,202,010x100% = 34%. Lakukan pencatatan posisi kerusakan seperti diatas (dalam prosentase), ketika terjadi kerusakan-kerusakan yang lain.
Sebagai contoh, jika kerusakan terjadi di dua tempat yaitu pada posisi 34% dan 65% maka dapat diambil kesimpulan :
0% - 33% Plater masih dalam keadaan normal.
Posisi 34% pada plater terjadi bad sector
Posisi 35% - 64% Plater masih dalam keadaan normal
Posisi 65% bad sector
Posisi 66% - 100% Plater masih dalam keadaan normal.
Lakukan partisi ulang sesuai dengan prosentase dimana ditemukan bad sector, buatlah partisi dengan primary “Drive C” dan exetended partisi sesuai dengan kondisi Bad sector. Perhatikan gambar pemetaan di bawah ini:
Buang partisi yang berisi Bad sector
Dalam kondisi kerusakan seperti diatas maka primary berisi drive “C” dibuat 33%, yang bad sector 34%-35%. Sedangkan Extended Partition dibuat untuk 67%, partisi berikutnya :
E: UNKNOWN 45%
F: FAT 16 2%
G: FAT 16
Kerusakan dipetakan pada drive D dan F masing-masing diberi 2%, partisi ini nantinya akan dibuang karena terdapat bad sector, sedangkan pada E dan G adalah drive yang akan dipakai. Untuk melakukan penghapusan partisi / Drive yang tdk diinginkan anda lakukan Partisi Ulang; pilih menu ”3. Delete Partition” dan anda ikuti instruksinya, jangan lupa hapus partisi / drive yang ada bad sectornya.
Seteleh selesai lakukan format ulang pada drive yang tersisa
Dengan langkah diatas kapasitas hardisk akan berkurang karena ada pemotongan
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips Komputer dengan judul Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2010/10/cara-memperbaiki-hardisk-bad-sector.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector"

Post a Comment

TULIS DISINI....