KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Pengertian Internet

             Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya. Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa Internet. Anda Universitas Sumatera Utara bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan sebagainya.
Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain. (http://www.sejarah-internet.com/pengertian-Internet/. Diakses tanggal 24 April 2010).

Berikut adalah beberapa pengertian tentang istilah yang ada dalam internet:
  • Network (jaringan) adalah sistem yang saling terhubung dari berbagai komputer, terminal dan saluran serta peralatan komunikasi dengan menggunakan jalur transmisi. 
  • WWW (World Wide Web) atau yang sering disebut sebagai "web" merupakan sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lainlain yang tersimpan dalam sebuah Internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis atau gambar (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World).
  • Web server adalah software yang menjadi tulang belakang dari world wide web(www). Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan Universitas Sumatera Utara browser. Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Web server, untuk berkomunikasi dengan client- nya (web browser) mempunyai protokol sendiri, yaitu HTTP (hypertext transfer protocol). Dengan protokol ini, komunikasi antar web server dengan client-nya dapat saling dimengerti dan lebih mudah.
  • HTTP (hypertext transfer protocol) potokol yang memungkinkan bermacammacam komputer saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa HTML. Hypertext mempunyai arti bahwa seorang pengguna Internet dengan web browser-nya dapat membuka dan membaca dokumen-dokumen yang ada dalam komputernya atau bahkan jauh tempatnya sekalipun.
  • Browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk dapat menjelajah Internet. Perangkat lunak ini diperlukan untuk menampilkan halaman suatu website. Web browser adalah paket software yang menyediakan interface pemakai untuk mengakses situs Web Internet, Intranet, dan Eksternet.
  • Website atau biasa juga disebut situs web adalah sebuah tempat di Internet tempat beradanya suatu kumpulan halaman web (webpage). Tempat ini biasanya ditandai dengan sebuah alamat website.
  • Home page adalah suatu halaman depan dari sebuah website. Ketika pertama kali mengakses suatu alamat website maka biasanya akan langsung menuju ke halaman depan (home page) website tersebut.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Teknik Informatika (TI) dengan judul Pengertian Internet. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2011/02/pengertian-internet.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "Pengertian Internet"

Post a Comment

TULIS DISINI....