KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

PROPOSAL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK DESA TATTANGOH PROPPO PAMEKASAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam ayat Al-Qur’an pada surat Al-Muddatsir telah diperintahkan oleh Allah SWT. bahwa dalam membaca Al-Qur’an diupayakan untuk membacanya dengan tartil. Hal itu memberikan petunjuk bahwa kita sebagai umat islam yang mempunyai pedoman Al-Qur’an harus bisa membacanya dengan baik dan benar.

Selaras dengan wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. di gua hera’ adalah surat Al-Alaq, ayat (1) s/d ayat (5) yang di dalam ayat-ayat tersebut mengandung anjran untuk membaca. Di sana tertulis “Iqra’” yang artinya “membaca”.



Berpijak pada ayat-ayat tersebut di atas adalah anjuran bagi semua umat Nabi Muhammad untuk selalu membaca dan belajar. Sehingga dengan anjuran itu sudah sangat tidak pantas bagi kaum muslimin untuk tetap dalam kondisi demikian, karena umat muslim memiliki pedoman yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadits. Hal ini tidak akan bisa memahami isi pedoman itu tanpa bisa membaca tulisan arab.
Sebagaimana yang telah diuraikan dari latar belakang di atas, kini penulis mendapatkan suatu studi kasus di desa Tattangoh Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan masih banyak murid ngaji yang masih tertinggal, yakni masih banyak penduduk yang belum bisa baca tulis, baik latin maupun arab, sehingga dengan demikian dapat mempengaruhi masyarakat tidak dapat mengakui hukum islam secara benar, karena kebanyakan dari mereka tidak dapat memahami isi kandungan Al-Qur’an dan Al-Hadits di desa tersebut. Dalam hal ini harus ada tindak lanjut dan penyikapan yang harus dipenuhi oleh kita semua untuk menghindari jumlah pengangguran yang lebih banyak.
Dalam hal ini, untuk dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan pengetahuan dalam hal dimaksud di atas, maka saya sebagai anggota dari mahasiswa KKN 2010 Universitas Islam Madura yang bertempat di Desa Tattangoh Kec. Proppo Kab. Pamekasan ingin memberikan pembelajaran tajwid bagi murid ngaji yang ada di Masjid Babul Fattah Tattangoh sebagai momentum pengkaderan umat selanjutnya yang mempunyai basis keislaman yang kental dengan mewujudkan kader masyarakat yang bisa mengaji dengan baik.
Dari uraian di atas, penulis berminat untuk mengadakan sebuah program untuk menyikapi hal tersebut di atas dengan tujuan untuk menindak lanjuti angka pengangguran yang masih banyak di desa tersebut dengan mengambil judul “PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK DESA TATTANGOH PROPPO PAMEKASAN”

B. PERMASALAHAN
Suatu permasalahan besar yang kami dapatkan di desa Tattangoh proppo pamekasan adalah:
1. Di Desa Tattangoh Proppo yang bisa dikatakan masih pedalaman utamanya. Disana masih banyak anak-anak yang awam yang tidak bisa membaca Al-Qur’an yang tidak dapat perhatian dari pemerintah secara luas dan tokoh agama, itu akan menghambat terhadap kemajuan desa dan perkembangan desa.
2. Desa Tattangoh ini adalah desa yang bisa dikatakan masih kumuh, yang kalau bisa saya katakan di desa ini masih belum terlaksananya pembelajaran arab
3. Meski ada tempat ngaji, yang merupakan tempat pendidikan membaca al-qur’an, di sana masih belum ada pembelajaran intensive dalam bidang membaca al-qur’an yang baik sesuai dengan kaidah tajwid.


C. TUJUAN, MANFAAT DAN DAMPAK
1. Tujuan
Dengan diadakannya pembelajaran baca tulis arab bertujuan sbb:
a. Murid ngaji akan tahu pentingnya membaca al-qur’an dengan baik sesuai dengan kaedah baca al-qur’an dengan menggunakan tajwid.
b. Untuk meningkatkan kemampuan murid dalam membaca al-qur’an dengan baik.
2. Manfaat
Manfaat diadakannya pembelajaran baca tulis arab salah satu diantaranya adalah:
a. Murid ngaji bisa membaca al-qur’an dengan baik dan menggunakannya dengan tepat sesuai dengan kaedah tajwid.
b. Peserta didik bisa mengembangkan bakatnya membaca al-qur’an
c. Siswa mampu meningkatkan keterampilan membaca al-qur’an
d. Murid ngaji di masjid itu dapat meningkatkan motivasi dan semangat untuk mempelajari membaca al-qur’an
3. Dampak
Program membaca al-qur’an ini memiliki dampak positif yang nantinya peserta didik bisa membaca al-qur’an dengan baik serta mampu memahaminya.

BAB II
PEMBAHASAN

A. RENCANA KEGIATAN
Kegiatan yang kami rencanakan untuk membuat masyarakat bisa membaca huruf arab tidak jauh beda dengan belajar mengajar pada umumnya, cuma mungkin lebih membutuhkan ketelatenan dari pengajar maupun dari pihak-pihak yang diharapkan support-nya.
Hal ini akan diformat seefisien mungkin tapi bisa mendapatkan sebuah hasil yang maksimal, dan kemungkinan besar metode pengajarannya menggunakan metode yang langsung dengan praktik, dan program ini akan ditempatkan di sebuah masjid yang sangat strategis sekali dekat dari rumah permukiman penduduk yang banyak masyarakatnya, yang rencananya mau ditempatkan di masjid Babul Fattah Tattangoh proppo pamekasan.
Rencanaya mau diadakan setiap hari selama satu bulan yang natinya diharapkan ada pengganti untuk melanjutkan program tersebut demi terciptanya masyarakat yang tidak buta dalam membaca Al-Qur’an.
B. BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan yang kami ancangkan yaitu system tutor dengan metode mengajar yang objektif dan kontextual, sehingga murid atau pelajar tersebut bisa belajar dengan nyata yaitu dengan belajar yang diarahkan terhadap satu persatunya huruf kemudian mereka dipraktekkan bagaimana penggunaannya baik dengan membaca Al-Qur’an sebagai panduan yang ada atau mereka disuruh menulis dengan huruf-huruf yang mereka sudah ketahui.
C. TAHAPAN KEGIATAN
1. Tahap Awal
Untuk pengadaan tempat pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an
2. Tahap Proses
Pembelajaran yang memperkenalkan hukum-hukum nun mati dan tanwin terlebih dahulu baik secara bacaannya atau nama-nama hukum bacaannya itu sendiri, dan kemudian diberikan cara membacanya..
Panduan yang kami gunakan sebagai panduan dalam membaca Al-Qur’an ini adalah at-tanzil, suatu pedoman yang biasa digunakan di satuan pendidikan tingkat RA atau TK
3. Tahap Pengembangan
Tahapan ini dititik beratkan terhadap pendalaman baca tulis arab bagaimana cara mengejanya dan bagaimana cara pengucapannya yang baik, yang hal itu pada akhirnya diuji dengan bermacam cara untuk mengetahui seberapa besar kemampuan yang mereka peroleh dalam hal baca tulis. Adapun yang kami butuhkan adalah al-qur’an sebagai bahan praktik mereka dalam mebaca dan menulis alqur’an


BAB III
PENUTUP

Alhamdulillah wajib kita syukuri karena kita masih bisa diberi kesempatan berfikir buat kebaikan masyarakat bersama karena masyarakat setempat merupakan masyarakat yang sama muslimnya semoga apa yang diharapkan dengan pemberantasan buta huruf disini khususnya huruf latin bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan harapan kerangka-kerangka terencana yang telah tersusun pada tahapan-tahapan kegiatan dan semoga apa yang telah direncanakan oleh kami bisa berjalan sebagaimana mestinya dan bisa bermanfaat bagi pelajar dan pengajar khususnya
Dan dengan ini kami lampirkan kebutuhan-kebutuhan dana dalam proses pelaksanaan untuk kelancaran segala aktivitas belajar mengajar selama satu bulan baik dari segi sarana maupun prasarana.

TAKSASI DANA
1. Papan tulis putih @ Rp. 110.000 X 2 Buah
2. Buku Panduan Guru @ Rp. 20.000 X 2 Orang
3. Alat Tulis Spidol Bord marker @ Rp. 4.500 X 4 Buah
4. Honor Tutur @ Rp. 20.000/1 Pertemuan X 2 Orang
5. Buku Bacaan Buat Pelajar @ Rp. 5.000/buah x 40 Orang
6. Kertas karton @ Rp. 1.200 X 4
Total Biaya Rp. 220.000,00
Rp. 40.000,00
Rp. 18.000,00
Rp. 160.000,00

Rp. 200.000,00
Rp. 4.800,00
Rp. 642.800,00
Terbilang
(Enam Ratus Ribu Empat Puluh Dua Ribu Delapan Ratus Rupiah)

download file lengkapnya : 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Pendidikan Islam dengan judul PROPOSAL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK DESA TATTANGOH PROPPO PAMEKASAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2010/08/proposal-pembelajaran-baca-tulis-al.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -

Belum ada komentar untuk "PROPOSAL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK-ANAK DESA TATTANGOH PROPPO PAMEKASAN"

Post a Comment

TULIS DISINI....