KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Pancasila dalam Perspektif Bangsa Indonesia

A. Latar belakang masalah
Negara republik indonesia menganut asa demokrasi yang bersumber pada niali kehidupan yan berakar dalam budaya bangsa Indonesia. Perwujudan asas itu diartikan sebagai paham kedaulatan rakyat, kekeluargaan dan gotongroyongan.
Pancasila yang dianut oleh bangsa Indonesia juga memberikan penghargaan yang tinggi terhadap nilai musyawaroh yang menceminkan kesungguhan dan tekad dari bangsa Indonesia untuk berdiri diatas kebenaran hanya untuk ingin berpatisipasi dalam pemerintahan serta turut menentukan haluan negara. Namun kebebasan tersebut disertai pula dengan tanggung jawab yang bukan hanya ditujukan kepada menusia melainkan juga kepada tuhan yang maha Esa.
Pelaksanaan pada setiap negara mempunyai perbedaan yang di pengaruhi oleh kebudayaan pandangan hidup dan tujuan yang hendak dicapi oleh setiap negara Indonesia menerapkan sistem pancasila yang berintikan musyawaroh untuk mencapai mufakat dengan berpangkat tolak pada pada paham kekeluargaan dan kegotongroyongan sebagai sumber ajaran yaitu pancasila dan undang-undang dasar 1945. pedoman pelaksanaan pancasila ialah TAP MPRS No MXVII/ MPRS/ 1968. TAP MPR No 1tahun 1918, 1983, 1983, 1988, 1993 dan TAP MPR No II/ mpr/ 1999 dan UU No 4 tahun 1999 tentang susunan dan kedudukan MPA. DPR. Dan. DPRD
Pengertian dan asal mula pancaila
Pancasila berasal dari bahasa sangskertayang merupakan bahasa Katsa Brahman di india yaitu PANCA yang berarti lima dan SYIA yang artinya batu sendiri, alas atau dasar, sehingga secara haarfiah. Pancasila di artikan sebagai dasar yang memiliki lima unsur dalam bahasa Indonesia pancasila diartikan “sosial” yang mempuanyai hubungan dengan moralitas.
Asal mula pancasila dipakai sebagai nama Ideologi bangsa adalah pidato lisan Ir. Soekarno pada tanggal 1 juni 1945 mengenai calon rumusan dasar ngara Indonesia dalam pidato tersebut beliau memberi nama untuk istilah dasar negara yang di pakai oleh bangsa Indonesia.
Meskipun dalam alinea IV pembukaan UUD 1945 tidak disebut istilah “Pancasila” namun yang dimkasudkan dasar negara republik Indonesia dalam pancasila, hal tersebut didasarkan pada Interpratas Historis dalam rangka pembentukan calon rumusan dasar negara yang secara spontan diterima oleh peserta sidang panitia yang pada saat itu berwenang merumuskan dasar negara secara bulat (utuh) pancasila merupakan dasar negara yang menjadi pedoman dan petunjuk jalan dalam menentukan ranbu-rambu tujuan bangsa. Selain itu, pancasila menjadi pedoman dalam hidup bemasyarakat, berbangsa, dan bernegara namun kedudukan formal yang kuat tidak selalu sejajar dengan pengalaman pancasila dalam kehidupan sosial berhari-hari. Pancasila belum di taati sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan kaena sebagai faktor, salah satu diantaranya adalah kurangnya pengertian dan pemahaman mengenai pancasila serta latar belakang proses pertumbuhannya.
untuk download file lengkapnya klik DISINI
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / PPkN dengan judul Pancasila dalam Perspektif Bangsa Indonesia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2010/06/pancasila-dalam-perspektif-bangsa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -

Belum ada komentar untuk "Pancasila dalam Perspektif Bangsa Indonesia"

Post a Comment

TULIS DISINI....