KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Pengertian Ikhlas, Sabar dan Syukur

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Ihklas, sabar dan syukur adalah sebagian dari sifat-sifat yang terpuji yang di sukai oleh Allah SWT. Ketiga sifat di atas adalah sifat yang bisa semakin menumbuhkan rasa keimanan dan cinta kepada sang pencipta dan juga dengan tiga sifat tersebut dapat menetramkan hidup kita tanpa adanya kekurangan-kekurangan yang berarti. Karena ihklas dapat menumbuhkan rasa sabar dan dengan kesabaran sendiri akan terucap rasa syukur kepada sang pencipta.

B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari ihklas, sabar dan syukur ?
2. Apa hubungan antara ihklas, sabar dan syukur ?
3. Bagaimana cara meningakatkan sifat tersebut ?

C. Tujuan
1. Ingin menambah wawasan dan pengetahuan
2. Memenuhi mata kuliah
3. Ingin memperdalam keagamaan


BAB II
PEMBAHASAN

1. Definisi-definisi
A. Ikhlas
Ialah sifat atau suatu kerelaan untuk menerima ada adanya apa yang telah terjadi pada kehidupannya karena semua itu adalah kehendak tuhan semesta.
Sifat ikhlas adalah sifat dasar manusia sebagai alat pengendali, supaya tidak surut kebelakang dalam keputusasaan. Ikhlas merupakan sifat yang berfungsi sebagai Etabilisator dan dinamisator. Dikatakan Stabilisator orang yang mempunyai sifat ikhlas akan selalu berlapang dada, berhati tentram dan menerima apa adanya.
Ikhlas merupakan Dinamisator kaena ikhlas sendiri bersangkutan dengan sikap hati atau sikap mental dalam menghadapi kejadian-kejadian pada dirinya. Menerima yang terjadi dengan rela.

B. Sabar
Ialah tahan menderita untuk menghadapi yang tidak disenangi dengan penuh ridha dan menyerahkan diri kepada Allah. Sabar adalah kemampuan menahan diri, ada godaan untuk tidak marah atau tidak pasrah. Sikap sabar merupakan sikap yang penting dalam kehidupan, karena dalam hidup ini banyak ditemui godaan, cobaan. Seperti ketika berhadapan dengan kemungkaran, kemaksiatan, kejahatan dan sebagainya. Sedangkan orang, yang sedang mendapat cobaan biasanya pikirannya kacau, marah dan akhirnya putus asa, karena itu orang harus terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan bersikap sabar. Orang yang sabar dalam berbagai keadaan akan tetap tenang, selalu ingat Allah dan berserah diri kapada-Nya.
Keuntungan yang dijanjikan Allah kepada orang yang sabar diantaranya dikemukakan Allah dalam surat Az-Zumar ayat 10 yaitu :

Artinya :
Hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. ( Qs. As.Zumar)

C. Syukur
Dan Q.S Al-Ankabut (29) : 17 di akhiri dengan suatu perintah agar manusia menyembah dan bersyukur kepada Allah SWT.
Syukur secara bahasa artinya berterima kasih dalam bentuk ucapan, perbuatan dan sikap, sedangkan menurut istilah syukur adalah ucapan, sikap dan perbuatan terima kasih kepada Allah SWT. Dan pengakuan yang tulus atas nikmat dan karunia yang diberikan-Nya.
Cara bersyukur kapada Allah SWT.
As-Syukru Bil Qolbi (besyukur dengan hati) yaitu : Mengakui dan menyadari bahwa segala nikmat yang diperoleh adalah datangnya dari Allah SWT. Dan tidak ada yang mampu memberi selain Allah SWT.
As-Syukru Bil Lisan (bersyukur dengan lisan) yatiu : Mengucapkan dengan jelas ungkapan rasa syukur itu dengan kalimat “ Alhamdulillah ” (segala puji bagi Allah)
As-Syukru Bil Arkhan (bersyukur dengan amal) yaitu : Menggunakan anggota tubuh untuk hal-hal yang baik dan memamfaatkan nikmat sesuia dengan ajaran agama yang di ridhao Allah.
Wujud syukur yang konkrit yaitu menjalankan perintah-perintah Allah dan menjahui larangan Allah SWT. Di samping syukur kepada Allah dan menjahui larangan Allah SWT dalam bentuk sujud syukur setelah seseorang mendaptkan nikmat dari Allah SWT baik nikmat yang kecil maupun yang besar.

2. Hubungan antar Ikhlas, Sabar dan Syukur
Hubungan antara ketiga sifat-sifat terpuji di atas, sangat berkaitan satu .....

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD FILENYA DISINI
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Pendidikan Islam dengan judul Pengertian Ikhlas, Sabar dan Syukur. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2010/06/pengertian-ikhlas-sabar-dan-syukur.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

1 Komentar untuk "Pengertian Ikhlas, Sabar dan Syukur"

TULIS DISINI....