KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

SISTEM OPERASI MANAJEMEN PROSES


DAFTAR ISI

Kata Pengantar 2
Daftar Isi 3
BAB I. Proses 4
I. 1 Multiprogamming 4
I. 2 Multiprocessing 4
I. 3 Distributed Processing 5
I. 4 Kebutuhan Utama Pengendalian Proses oleh SO 5
BAB II. Status Proses 6
II. 1 Running 6
II. 2 Blocked 6
II. 3 Ready 6
II. 4 Status Tambahan 7
BAB III. Siklus Hidup Proses 8
BAB IV. PCB 9
IV. 1 Informasi PCB 9
IV. 2 Elemen – Elemen PCB 11
BAB V. Proses Pemakai 12
BAB VI. Operasi – Operasi pada Proses 13
VI. 1 Penciptaan Proses 13
VI. 2 Penghancuran Proses 14
VI. 3 Penundaan Proses 16
VI. 4 Proses Pelanjutan Kembali 16
VI. 5 Proses Blocked 16
VI. 6 Menjadwalkan Proses 17
VI. 7 Sinkronisasi 21
VI. 8 Komunikasi Antar Proses 22
BAB VII. Manajemen Proses pada Linux dan Windows 27
DAFTAR PUSTAKA 28

BAB I
PROSES

Proses adalah sebuah program yang sedang dieksekusi atau program yang sedang di jalankan atau software yang sedang dilaksanakan termasuk sistem operasi yang disusun menjadi sejumlah proses sequential. Sedangkan program adalah kumpulan instruksi yang ditulis ke dalam bahasa yang dimengerti sistem operasi. Proses berisi instruksi dan data. program counter dan semua register pemroses, dan stack berisi data sementara seperti parameter rutin, alamat pengiriman dan variabel-variabel lokal.
Sistem operasi mengelola semua proses di sistem dan mengalokasikan sumber daya ke proses-proses sesuai kebijaksanaan untuk memenuhi sasaran sistem. Salah satunya adalah program yang sedang dieksekusi yang merupakan unit kerja terkecil yang secara individu memiliki sumber daya-sumber daya dan dijadwalkan sistem operasi. Sistem operasi mengelola semua proses di sistem dan mengalokasikan sumber daya ke proses-proses sesuai kebijaksanaan untuk memenuhi sasaran sistem.
I.1 MULTIPROGAMMING ( MULTITASKING )
Multiprogamming adalah manajemen banyak proses pada satu pemroses. Istilah yang digunakai multiprogrammaing (multitasking) bukan multiprocessing. Multprocessing telah digunakan untuk konsep lain, yaitu komputer dengan banyak pemroses di satu sistem komputer dengan masing-masing pemroses melakukan pemrosesan secara independen. Saat ini, kebanyakan komputer pribadi, workstation adalah sistem pemroses tunggal yang menjalankan sistem operasi multiprogramming (multitasking) seperti MS-Windows 3.0, MS-Windows NT, OS/2 dan Macintosh System 7. Banyak proses dijalankan bersamaan, masing-masing proses mendapat bagian memori dan kendali tersendiri. Sisem operasi mengalih-alihkan pemroses di antara proses-proses tersebut.

I.2 MULTIPROCESSING
Multiprocessing adalah manajemen banyak proses di komputer multiprocessor (banyak pemroses di dalamnya). Dulunya sistem ini lanya terdapat di sistem besar, mainframe dan minikomputer. Saat ini komputer workstation telah dapat dilengkapi multiprocessor. Menggunakan komputer semaksimal mungkin dengan beberapa CPU sehingga beberapa program bisa dijalankan secara bersama-sama , masing-masing dengan menggunakan prosesornya sendiri-sendiri. Sistem operasi Microsoft Windows NT, UNIX, Linux menyediakan dukungan multiprocessing.
I.3 DISTRIBUTED PROCESSING / COMPUTING
Distributed Processing adalah manajemen banyak proses yang dieksekusi di banyak sistem komputer yang tersebar (terdistribusi). Trend masa datang adalah menuju komputasi tersebar (distributed computing). Banyak riset dan pengembangan sistem operasi tersebar di antaranya AMOEBA, MACH, dan sebagainya.
I. 4 KEBUTUHAN UTAMA PENGENDALIAN PROSES OLEH SO
Pengendalian proses oleh SO yang mengacu pada Proses:
1. Saling melanjutkan (Interleave).
2. Mengikuti kebijaksanaan tertentu..
3. Mendukung komunikasi antar proses dan penciptaan proses.


BAB II
STATUS PROSES

Status proses atau bagian keadaan proses memiliki tiga elemen. yaitu:
II. 1 RUNNING
Running / kerja, benar-benar menggunakan CPU pada saat itu (sedang mengeksekusi instruksi proses itu).
Ada tiga kemungkinan bila sebuah proses memiliki status Running:
1. Jika program telah selesai dieksekusi maka status dari proses tersebut akan berubah menjadi Terminated.
2. Jika waktu yang disediakan oleh OS untuk proses tersebut sudah habis maka akan terjadi interrupt dan proses tersebut kini berstatus Ready.
3. Jika suatu event terjadi pada saat proses dieksekusi (seperti ada permintaan M / K) maka proses tersebut akan menunggu event tersebut selesai dan proses berstatus Waiting.
II. 2 BLOCKED
Blocked / terhenti, tidak dapat berjalan sampai kegiatan eksternal terlaksana (proses menunggu kejadian untuk melengkapi tugasnya) Bisa berupa proses menunggu : Selesainya operasi perangkat I/O; Tersedianya memori; Tibanya pesan jawaban
II. 3 READY
Ready / siap, proses siap dikerjakan tetapi menunggu giliran dengan proses lain yang sedang dikerjakan (bisa berjalan, sementara berhenti untuk memungkinkan proses lain dikerjakan).

silahkan download file lengkapnya : disini
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Teknik Informatika (TI) dengan judul SISTEM OPERASI MANAJEMEN PROSES. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2010/06/sistem-operasi-manajemen-proses.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "SISTEM OPERASI MANAJEMEN PROSES"

Post a Comment

TULIS DISINI....