KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Asal-usul kemunculan kelompok mu’tazilah

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Salah satu aliran ilmu kalam adalah aliran mu’tazilah. Kata mu’tazilah berasal dari I’tazila yang berarti berpisah atau memisahkan diri. Secara teknis, istilah mu’tazilah menunjuk pada dua golongan.

Golongan mu’tazilah yang pertama, muncul pada masa khalifah Ali Bin Abi Thallib. Golongan ini tumbuh sebagai kaum netral poliitk, khusunya dalam arti bersikap lunak dalam menangani pertentangan antara Ali Bin Abi Thallib dengan lawan-lawannya, terutama Mu’awiyah, Aisyah dan Abdullah bin Zubair. Golongan ini menjauhkan diri dari pertikaian masalah khalifah yang kemudian disebut kaum Mu’tazilah.
Golongan Mu’tazilah yang kedua muncul kira-kira seratus tahhun setelah kemunculan golongan Mu’tazilah yang pertama. Golongan ini muncul karena mereka brebeda pendapat dengan golongan kwarij dan murji’ah tentang pemberian status kafir kepada orang yang berbuat dosa besar. Golongan Mu’tazilah kedua inilah yang akan kami kaji bab selanjutnya.

B. Rumusan Masalah
1. Asal-usul kemunculan kelompok mu’tazilah
2. lima ajaran theology mu’tazilah

C. Tujuan
Ingin menambah wawasan dan pengetahuan
Memenuhi mata kuliah agama islam
Ingin memperdalam ilmu kalam


BAB II
PEMBAHASAN

Sejarah Perkembangan Timbulnya Pemikiran Kelompok Mu’tazilah
A. Asal-Usul Kemunculan Kelompok Mu’tazilah
1. Asal-usul nama Mu’tazilah
Nama Mu’tazilah bukan ciptaan orang-orang Mu’tazilah sendiri akan tetapi diberikan oleh orang-orang lain dengan pengertian sebgai kaum yang memisahkan atau mengasingkan diri akan tatapi lama kelamaan nama tersebut diterima juga oleh yang bersangkutan dengan pengertian “menjahui yang salah”.
Nama Mu’tazilh diberikan karena Wasil Bin Ata’, pendiri aliran Mu’tazilah berbeda pendapat dengan gurunya, yaitu Hasan Basri mengenai mu’min yang berbuat berdosa besar. Wasil berpendapat bahwa orang melakukan dosa besar, tidak mu’min tidak pula kafir (fasik) karena itu ia memisahkan diri dari pelajaran yang diadakan gurunya dan berdiri sendiri. Kemudian mendapat pengikut banyak lalu Hasan Basri berkata : “wasil telah memisahkan diri kami”.sejak saat itu wasil dan teman-teamannya disebut golongan yang memisahkan diri” (Mu’tazilah).
Al-Mas’udi memberikan keterangan tentang asal-usul kemunculan mu’tazilah bahwa tidak ada sangkut pautnya dengan peristiwa antara wasil dan Hasan Al-Basri. Mereka diberi nama Mu’tazilah, karena berpendapat bahwa orang berdosa besar bukanlah mukmin dan bukan pula kafir, tetapi menduduki tempat diantara kafir dan mukmin (Al-Manzilah bain al-manzilataini). Dalam artian mereka memberi status orang yang berbuat dosa besar itu jauh dari golongan mukmin dan kafir.

silahkan download file lengkapnya DISINI
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Pendidikan Islam dengan judul Asal-usul kemunculan kelompok mu’tazilah. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2010/06/asal-usul-kemunculan-kelompok-mutazilah.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "Asal-usul kemunculan kelompok mu’tazilah"

Post a Comment

TULIS DISINI....