KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat ilhi robby azza wajalla sang pencipta alam semesta. Dan sholawat salam semoga tercurah limpahkan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW. Dan semoga kita senantiasa berada di bawah nawungannya. Amin
Ucapan dan penghormatan terima kasih kepada guru pembinbing “Lailaturrahmah M. pd, I” atas usahanya yang telah membina, memndidik dan memberkab mativasi kepada kami di bidang perencanaan sistem pengajaran PAI.
Kami tidak bisa membalas atas apa-apa yang telah di berikan kepada kami tentang jasa dan ilmu pengetahuan. Kami hanya bisa mengucapkan. Kami hanya bisa mengucapkan dan mendo’akan.
Dan kami mohon maaf apabila penyajian atasu penyusunan makalah kami kontradeksi dengan referensi yang ada. Serta mohon maaf apabila makalah kami tidak sesuai dengan apa yang dosen inginkan. Karena inilah kemampuan kami yang masih jauh dari kesempurnaan.






Pamekasan, 27. November. 2008


Penyusun






DAFTAR ISI

Halaman judul i
Kata pengantar ii
Daftar isi iii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan masalah 1
C. Tujuan 1
BAB II PEMBAHASAN 2
Prosedur pengembangan sistem intruksional 2
1. Prosedur PPSI 2
2. Bentuk satuan belajar 3
3. Kriteria pembuatan modal satuan pelajaran 3
BAB III PENUTUP 4
A. Kesimpulan 4
B. Kritik dan saran 4
DAFTAR PUSTAKA 5


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Metode pengembangan sistem Intruksional merupakan sebagian cara bagi seorang guru baik dari tingkat bawah sampai tingkat yang paling tinggi (TK-perguruan tinggi) tiada lain hanyalah faktor-faktor
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan




BAB II
PEMABAHASAN


Prosedur Pengembangan Sistem Intruksional
PPSI merupakan suatu pedoman yang di susun oleh guru dan berguna untuk menyusun satuan belajar. Prosedur pengembangan sistem intruksional terdiri dari beberapa komponen :
1) Pedoman perumusan tujuan yang memberikan petunjuk bagi seorang guru dalam merumuskan tujuan khusus itu berdasarkan pada pendalaman dan analisis terhadap pokok bahasan yang telah di gariskan untuk mencapai tujuan kurikulum dalam GRPP.
2) Pedoman Prosedur pengembangan alat penilaian yang memberikan petunjuk tentang prosedur penilaian yang akan di tempuh tentang tes awal (pre test) dan tes akhir (postest).
3) Pedoman kegiatan guru, yang merupakan petunjuk-petunjuk bagi guru untuk merencanakan program kegiatan bimbingan sehingga para siswa melakukan kegiatan sesuia dengan rumusan TIK.
Dalam hubungan ini guru perlu :
a. Merumuskan materi pelajaran
b. Memilih metode-metode yang tepat
c. Menyusun jadwal secara terperinci
4) Pedoman pelaksanaan program, yang merupakan petunjuk-petunjuk dari program yang telah di susun.
Petunjuk-petunjuk itu berkenaan dengan di mulainya pelaksanaan tes awal di lanjutkan dengan penyajian atau penyampaianmateri pelajaran sampai pada dilaksankannya penilian hasil belajar.
1. Prosedur PPSS
Berpegang pada Prosedur pengembangan sistem intruksional (PPSI) yang telah dikembangkan, selanjutnya guru menyusun model satuan pelajaran (Sap atau Nsp).


2. Bentuk satuan pelajaran
Dengan bentuk disini di maksudkan apakah kegiatan-kegiatan dari satuan pelajaran (Tiu, Tik, materi pelajaran dan lain-lain) disusun kesamping (Horizontal) ataukah kebawah (Vertikal)
3. Kriteria pembuatan model
Kriteria ini di maksudkan sebagai pedoman pembuatan dan penilaian model satuan pelajaran, yang perlu dilakukan oleh setiap calon guru dalam rangka melaksanakan prosedur pengembangan sistem Intruksional.
Kriteria-kriteria tersebut sebagai berikut :
1. Apakah pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang telah digariskan dalam GBPP, telah diidentifikasi secara cermat dan dijadiakan dasar dalam menentukan satuan bahasan yang akan diajarkan.
2. Apakah telah ditegaskan kelas berapa dan berapa lama (waktu) bahan pengajaran itu diberikan.?
3. Apakah materi pelajaran telah diperinci sedemikian rupa berdasarkan pada bahan pengajaran dalam GBPP dan tujuan khusus yang hendak di capai?
4. Apakah bahasan yang digunakan jelas, mudah dipahami dan ditulis dengan baik dan benar?
5. Apakah satuan pelajaran secara keseluruhan sesuai dengan hal-hal yang telah dirancag dalam prosedur pengembangan sistem intruksional?
6. Apakah dalam rangka penyampaian itu anda telah mempersiapkan pula variasi kegiatan sesuai dengan tuntutan interaksi belajar mengajar, motivasi dan lai-lain?
7. Apakah kegiatan belajar mengajar telah direncanakan secara cermat, jelas, tegas, sistematis, logis sertas sesuai dengan Tik yang hendak dicapai dan materi pelajaran yang akan disampaikan, yang meliputi pendekatan metode mengajar dan pokok-pokok kegiatan siswa, guru ?



BAB III
PENUTUP


A. Kesimpulan
Dari pembahasan di awal dapat kami simpulkan PPSI suatu pedoman yang disusun oleh guru dan berguna untuk menyusun satuan pelajaran. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan pelajaran yang telah dirumuskan agar berhasil guna sesuai dengan komponen-komponen yang telah di sesuiakan prosedur pengembangan sistem intruksional.
B. Kritik dan saran
Tiada lain yang patut kami ucapkan dalam hal kali ini bagi pembaca khususnya, hanyalah sumbangan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk memberikan motivasi kami kedepan karena kami hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kekeliruan jadi harapan dari kami sebagai penyusun sangat mengharapkan saran dan kritiknya demi penyusunan makalah berikutnya.

silahkan download filenya: prosedurpengembangansisteminstruksional.doc
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2010/06/prosedur-pengembangan-sistem_20.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional"

Post a Comment

TULIS DISINI....