RESUME PENGARUH FILSAFAT TERHADAP PENDIDIKAN PADA MASA RENAINSANS - MODERN

RESUME
Pengaruh Filsafat Terhadap Pendidikan Pada Masa Renainsans - Modern
OLEH : SURADI

Perubahan dari pola pikir Mitosentris menjadi Logisentris membawa implikasi yang tidak kecil. Alam dengan segala gejalanya, yang selama ini ditakuti kemudian didekati dan bahkan dieksploitasi. Perubahan yang mendasar adalah ditemukannya hukum-hukum alam dan teori-teori ilmiyah yang menjelaskan perubahan yang terjadi baik dalam jagad raya (makro kosmos) maupun alam manusia ( mikro kosmos ).
Dari penelitian alam jagad raya bermunculan Ilmu Astronomi, Kosmologi, Fisika, kimia dan sebagainya sedangkan dari manusia muncul Ilmu Biologi, Psikologi, Sosiologi dan sebagainya. Ilmu-ilmu tersebut kemudian menjadi lebih terspesialisasi dalam bentuk yang lebih kecil dan sekaligus semakin aplikatif dan terasa mamfaatnya.
Hal ini yang menjadi cikal bakal munculnya filsafat pendidikan yang mempunyai pengaruh sangat tinggi sejak masa Renainsans sampai masa – masa Modern saat ini sehingga mengakibatkan pada munculnya devinisi – devinisi baru tentang ilmu.
Secara garis besar ada empat aliran yang memetakan tentang pendidikan modern yaitu :
1. Essensialisme yang memandang pendidikan itu sebagai sautu usaha dalam menjaga kebudayaan yang ada ( aducation as cultural conservation )
2. Proggresivisme yang memandang bahwa pendidikan merupakan usaha pembaharuan yang menuju pada kemajuan karna education is cultural transition.
3. Parennialisme yang memandang pendidikan sebagai usaha kembali kepada budaya lama.
4. Rekontruksionisme yang menganggap bahwa pendidikan adalah sesuatu yang dapat mengatur tata kehidupan manusia.
Filsafat dan ilmu adalah dua kata yang saling terkait, baik subtansial maupun secara historis karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat, sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat.
Perkembangan pemikiran memunculkan perbedaan cara pandang yaitu Epistimologi Islam yang berbeda cara pangdangnya dengan Epistimologi pengetahuan Modern yang berkembang dibarat yang hanya melalui indera (Observasi) sebagai sumber ilmu yang sah dan dapat dipercaya.namun paham ini akan memunculkan Kapitalis – Materialis dan bahkan lebih parah lagi yaitu paham Sekuler yang sangat berbahaya bagi Akidah ( Akidah Islam )
Tantangan yang paling berbahaya bagi Akidah Islam adalah munculnya faham Positivisme yang berpandangan bahwa satu-satunya wujud yang realistis adalah yang positif, yaitu yang bisa diobsrvasi oleh indera saja.semua wujud yang berada dibalik hal tersebut ( diluar jangkauan observasi ) hanyalah hasil spekulasi pikiran manusia yang tidak realistis (termasuk wujud tuhan). Paham positivisme bertumpu pada tiga prinsip yaitu : kebenaran ilmiyah , kenyataan realistis dan semua problema.
Filsafat Islam lebih moderat dalam memberikan pandangan karena filsafat Islam tidak hanya mengakui pengalaman indera tetapi juga mengesahkan pengalaman akal dan instuisi seperti bukti adanya tuhan yang dibenarkan secara akal dan instuisi juga didukung dengan pengalaman indera yaitu bukti adanya manusia (mahluk).
Berbeda dengan pemikiran positivisne (filsafat yang muncul dizaman modern) yang hanya membenarkan realitas saja. Hal ini akan membuat kita tidak percaya tentang adanya sesuatu yang non realistis termasuk adanya tuhan.
Jadi perkembangan filsafat sejak zaman Renainsans sampai pada filasafat memunculkan Instuisi yang berimplikasi pada metode Intuitif yang menggunakan akal dan Intuisi yang sama – sama berfungsi dalam menangkap Realitas spritual (Metafisik).namun metodologis yang fundamental terletak pada kinerja keduanya. Akal menangkap obyek tersebut secara Inferensial dan Intuisi menangkapnya secara langsung (Eksperensial).
Maka pemikiran yang lebih melalui rasio dengan dukungan adanya realitas (menggabungkan akal dan kenyataan ) seperti penggabungan Akal dan Wahyu yang keduanya saling melengkapi agar tidak muncul seperti paham Positivisme (paham sekuler) sangat penting untuk perkembangan filsafat pendidikan selanjutnya agar ilmu tidak mengalami kegelapan dalam implementasinya.

SILAHKAN DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DISINI
thumbnail
Judul: RESUME PENGARUH FILSAFAT TERHADAP PENDIDIKAN PADA MASA RENAINSANS - MODERN
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kumpulan Makalah, Pendidikan Islam :

0 komentar:

Post a Comment

TULIS DISINI....

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz