KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

MASA KEMAJUAN ISLAM KHALIFAH RASYIDAH


  1. KHALIFAH RASYIDAH
Nabi Muhammad Saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang menggantikan beliu sebagai pemimpin politik umat islam setelah beliu wafat. Sebagai pemimpin umat islam setelah rasul, abu baker disebut rasulillah (pengganti rosullah) yang dalam pekermbangan selanjutnya disebut khalifah saja.abu baker menjadi khalifah hanya dua tahun pada Tahun 634 M ia meninggal dunia tampaknya, kekuasaan yang dijalankan pada masa khalifah abu bakar sebagaiana pada masa Rasullah, bersifat sentral kekuasaan legislatif dan yudikatif tepusat ditangan khalifah. Setelah menyelesaikan urusan perang dalam negeri, barulah abu bakar mengirim kekuatan keluar Arabia. Abu bakar meninggal dunia, sementara barisan depan pasukan islam sedang mengancam palestina, irakdan kerajaan hirrah, ia diganti oleh  “tangan kanan”nya umar ibnu khotob.
Di zaman umar gelombang ekspansi (perlusan daerah kekuasaan) pertama terjadi, ibu kota Syria, damaskus, jatuh tahun 635M dan setahun kemudian, stelah tentara bizantium kalah dipertempuran yarmuk, seluruh daerah Syria jatuh kebawah kekuasaan islam.
            Karena peluasan daerah terjadi dengan cepat, umar segera mengatur administrasi Negara dengan mencontoh administrasi yang sudah berkembang terutama di Persia.umar memrintah selama 10 tahun (13-23 H/634-644M) masa jabatanya berahir dengan kematian. Dibunuh oleh seorng budak dari Persia bernam abu lu’lu’ah dia menunjuk 6 orang sahabat dan meminta kepada mereka untuk memilih salah seorang diantaranya untuk menjadi seorang khalifah.6 orang tesebut adalah usman, ali thalhah,zubair, s’adin abi waqqos, abdurahman abn auf.
            Pemerintahan usman berlangsung  selama 12 tahun. Pada phoroh terahir masa khalifahannya, muncul persaan tidak puas dan kecewa dikalangan umat islam terhadapnya. Akhirnya, pada tahun 35 H /655 M. usman dibunuh oleh kaum pemberontak yang terdiri dari orang orang kecewa itu.
            Salah satu factor yang menyebabkan banyak rakyat kecewa terhadap kepemimpinan usman adalah kebijaksanaan mengangkat keluarga dalam kedudukan tinggi. Meskipun demikian, tidak berarti bahwa pada masanya tidak ada kegiatan kegiatan yang penting. Usman berjasa membangun bendungan untuk menjga arus banjir yang besar dan mengatur pembagian air ke kota-kota.
            Setelah usman wafat, masyarakat beramai ramai membaiat ali bin abi thalib sebagai khalifah” ali memerintah hanya 6 tahun. Tidak lama setelah itu, ali ibn thalib menghadapi perintahan talhah, zubair, dan aisyah. Bersamaan dengan itu, kebijaksanaan-kebijaksanaan ali juga mengakibatkan timbulnya perlawanan dari gubernur di damaskus, mu’awiyah yang didukung oleh sejumlah bekas pejabat tinggi yang erasa kehilangan kedudukan dan kejayaan. Kedudukan ali sebagai khalifah kemudian dijabat oleh anaknya hasan selama berapa bulan. Namun, karena hasan ternyata lemah, sementara mu’awiyah semakin kuat, maka hasan membuat perjanjian damai.
  1. KHALIFAH BANI UMAYYAH
Memasuki kekuasaan muawiyah yang menjadi kekuasan bani umayyah, pemerintahan yang bersifat demokratis berubah menjadi monarhiheridetis (kerajaan turun temurun).
Ekspansi yang terhenti pada masa khalifah usman dan ali dilanjutkan kembali oleh dinasti ini.
Ekspansi kebarat secara besar-besaran I lanjutkan di zaman Al-walid abn abdul malik. Masa pemerintahan walid adalah masa ketentraman, kemakmuran, dan ketertiban. Di samping ekspansi kekuasaan islam, bani umayyah juga banyak berjasa dalam pembangunan di berbagai bidang. Meskipun keberhasilan banyak di capai dinasti ini, namun tidak berarti bahwa politik dalam negeri dapat dianggap stabil.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Pendidikan Islam dengan judul MASA KEMAJUAN ISLAM KHALIFAH RASYIDAH. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2011/01/masa-kemajuan-islam-khalifah-rasyidah.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "MASA KEMAJUAN ISLAM KHALIFAH RASYIDAH"

Post a Comment

TULIS DISINI....