KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Makalah : IMPLEMENTASI BIMBINGAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS KELAS IV DI SD NEGERI


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Dalam proses pendidikan di sekolah, siswa sebagai subjek didik merupakan pribadi-pribadi yang unik dengan segala karakteristiknya. Siswa sebagai individu yang dinamis dan berada dalam proses perkembangan memiliki kebutuhan dan dinamika dalam interaksinya dengan lingkungannya. Sebagai pribadi yang unik terdapat perbedaan individu antara siswa yang satu dengan yang lain. Disamping itu, siswa sebagai pelajar, senantiasa terjadi adanya perubahan tingkah laku sebagai hasil proses belajar.

Untuk itu dalam pendidikan di SD ini perlu adanyna sebuah layanan yang dapat memahami dan dapat membantu berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan proses belajar siswa yang tentunya beraneka ragan pula jenis sesuai dengan karakter siswa yang beraneka ragam. Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan belajar merupakan perbuatan inti. Dan sekolah mempunyai tanggung jawab yang besar dalam membantu siswa agar mereka berhasil atau untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam belajar. Untuk itu sekolah hendaknya memberikan bantuan kepada siswa dalam mengatasi masalah yang timbul dalam kegiatan belajar. Berbagai cara dapat dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul diantaranya yaitu dengan menggunakan bimbingan khusus pada setiap mata pelajaran atau untuk siswa yang kesulitan dalam belajar.

B. Masalah
Berbagai macam kesulitan yang timbul atau dialami siswa itu bermacam-macam jenisnya. Dari berbagai macam masalah yang timbul itu, guru kelas dituntut untuk dapat menciptakan suatu layanan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan siswa.Masalah-masalah yang mungkin timbul dan dialami oleh sebagai peserta didik itu antara lain :
1. Masalah perkembangan individu
2. Masalah perbedaan individu
3. Masalah kebutuhan
4. Masalah belajar
5. Masalah penyesuaian diri
Dari masalah-masalah yang diatas, yang akan dibahas adalah masalah belajar, khususnya untuk masalah dalam menerima atau kesulitan dalam memahami pelajaran sains di kelas 4

C. Rumusan Masalah
Dalam tugas akhir yang dibuat, penulis akan menyampaikan bahwa permasalahan yang dibahas dalam pembuatan tugas akhir ini adalah masalah bimbingan belajar pada mata pelajaran pengetahuan alam terpadu di SD kelas empat.Pada kenyataan masih banyak sekali siswa yang masih mengalami kesulitan belajar dalam mata pelajaran pengetahuan alam terpadu. Untuk itu, penulis akan mencoba untuk mengetahui dan memaparkan bentuk bimbingan yang akan diberikan oleh guru kelas bagi siswa yang masih kesulitan dalam belajar. Selain itu, penulis akan mencoba menunjukkan cara-cara atau kiatkiat guru kelas untuk memotivasi siswa agar mereka bersemangat saat pembelajaran pengetahuan alam.

D. Tujuan
Pembuatan tugas akhir ini dimaksudkan untuk melengkapi syarat kelulusan untuk program D2 PGKSD. Selain itu, pembuatan tugas ini juga diperuntukkan bagi semua pembaca khususnya bagi calon guru atau para SD agar mereka memiliki pengetahuan dan wawasan mengenai program bimbingan bagi anak didiknya Sebagai calon guru dan guru SD yang dituntut memiliki keprofesionalan dalam pekerjaannya, kita diharuskan untuk dapat memahami dan mengetahui karakteristik masing-masing anak yang beraneka ragam dan mempunyai berbagai permasalahan yang beraneka ragam pula. Untuk itu kita diharuskan mempunyai suatu upaya mengatasi berbagai masalah yang timbul salah satunya adalah dengan diberikannya bimbingan. Dan tanpa pengetahuan yang cukup tentang bimbingan. Itu semua mustahil kita bisa memberikan bimbingan yang cocok dan efektif.

E. Manfaat
Saya berharap apa yang telah saya tulis ini dapat memberikan manfaat dan berguna untuk semakin meningkatkan kualitas para guru SD dan para calon guru SD. Saya berharap tugas ini dapat memberikan inovasi baru bagi para guru SD untuk menciptakan sebuah bimbingan belajar yang dapat membantu anak semaksimal mungkin dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.Dengan begitu layanan bimbingan diskolah akan dapat berlangsung efektif dalam rangka membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Manfaat bagi siswa sendiri dari adanya bimbingan ini adalah siswa dapat meningkatkan kemampuannya dengan bimbingan dan arahan dari guru.Pada intinya bimbingan memberikan arahan kepada siswa untuk meningkatkan belajarnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

berikut DAFTAR ISI-nya : 

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL 
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Masalah
C. Rumusan Masalah
D. Tujuan
E. Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI
A. Teori Bimbingan
B. Belajar
C. Pembelajaran
D. Motivasi belajar
E. Pembelajaran sains berwawasan SETS
BAB III PAPARAN HASIL
A. Strategi, Metode dan Media serta Sumber Pembelajaran
B. Kesulitan Belajar Sains dan Cara Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Sains
C. Pengaruh bimbingan bagi pembelajaran sains dikelas IV
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA

dan untuk mendapatkan file lengkapnya silahkan download disini : makalah-implementasi.pdf
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Pendidikan dengan judul Makalah : IMPLEMENTASI BIMBINGAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS KELAS IV DI SD NEGERI. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2011/02/makalah-implementasi-bimbingan-belajar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "Makalah : IMPLEMENTASI BIMBINGAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS KELAS IV DI SD NEGERI"

Post a Comment

TULIS DISINI....