KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Monitoring Dan Evaluasi BPPD berbasis web


http://eindhovenuntuknusantara.files.wordpress.com/2008/07/komp.jpgABSTRAK

Pengembangan sistem pelaporan dan monitoring yang terkomputerisasi dan berbasis web pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bengkulu Utara dibutuhkan untuk menggantikan sistem yang lama dimana masih manual / proses surat menyurat dengan menggunakan tahapan-tahapan dalam metode System Development Life Cycle (SDLC) dimana pengembangan sistem
informasi ini diharapkan nantinya akan meningkatkan kualitas serta pengendalian monitoring dan evaluasi, transparansi, dan membantu pembuat kebijakan dalam mengambil langkah-langkah kebijakan terhadap pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bengkulu Utara.
Kata Kunci: BAPPEDA, SKPD, SDLC, Monitoring dan Evaluasi, Sistem Informasi.

PENDAHULUAN
Dalam rangka pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Daerah, dipandang perlu suatu sistem informasi pelaporan monitoring dan evaluasi dalam upaya meningkatkan kualitas operasional suatu program dan berkontribusi penting dalam memandu pembuat kebijakan di seluruh strata organisasi
pemerintah.Dengan adanya sistem informasi pelaporan monitoring dan evaluasi pelaksanaan  pembangunan pada BAPPEDA Kab. Bengkulu Utara yang relevan untuk pembuat kebijakan dapat membantu menata seperangkat prioritas, mengarahkan alokasi sumber dana, memfasilitasi modifikasi dan penajaman struktur program dan aktivitas serta memberi sinyal akan kebijakan penataan ulang personil dan sumber daya yang dimiliki.

TINJAUAN PUSTAKA
Evaluasi oleh Bappeda meliputi Penilaian terhadap pelaksanaan proses perumusan dokumen rencana pembangunan daerah, dan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan daerah; dan Menghimpun, menganalisis dan menyusun hasil evaluasi Kepala SKPD dalam rangka pencapaian rencana pembangunan daerah (PP 8Tahun 2008 Bab 6 Pasal 48 ayat 2).
Monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan pembangunan memerlukan data dan informasi yang tepat waktu, akurat, relevan dan lengkap. Kegiatan monitoring diperlukan untuk mencatat perkembangan kondisi pelaksanaan pembagunan, memantau proses dan kemajuan pelaksanaan kebijakan secara terus-menerus, mengidentifikasi masalah dan penyimpangan yang muncul, merumuskan pemecahan masalah, dan membuat laporan kemajuan secara rutin dalam kurun waktu yang pendek.
Menurut Jogiyanto (2001) suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Menurut Gordon B. Davis & Margrethe. H Olson (1984) Sistem Informasi Manajemen adalah sistem manusia atau mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dan fumgsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi. Secara konseptual siklus pengembangan sebuah sistem informasi berdasarkan Siklus Hidup Pengembangan Sistem (System Development Life Cycles / SDLC).

METODE PENELITIAN
Penelitian serta pengembangan sistem ini dilakukan di BAPPEDA Kabupaten Bengkulu Utara yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No.1 Arga Makmur Bengkulu Utara, yang di bantu oleh perangkat kerja organisasi dan koresponden lainnya.
Tahap awal dilakukan penelitian kepustakaan untuk mempelajari literatur-literatur yang berhubungan dengan proses perancangan dan pemodelan sistem informasi serta pembuatan web.
Kemudian dilanjutkan dengan studi lapangan yang dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu menentukan permasalahan yang akan dibahas dari beberapa pilihan yang terdapat dilapangan. Kemudian mempelajari proses pelaporan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan yang sedang berjalan di BAPPEDA Kabupaten Bengkulu Utara untuk dianalisis dan juga melakukan interview serta wawancara langsung untuk
mendapatkan informasi, referensi dan pendapat dari aparatur yang terkait.
Dilanjutkan dengan tahapan pengembangan yaitu; perencanaan , analisis sistem, perancangan sistem dan implementasi.


download file lengkapnya : DOWNLOAD
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Teknik Informatika (TI) dengan judul Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Monitoring Dan Evaluasi BPPD berbasis web. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2012/04/pengembangan-sistem-informasi-pelaporan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Monitoring Dan Evaluasi BPPD berbasis web"

Post a Comment

TULIS DISINI....