KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

TUGAS-TUGAS DAN HUKUM PERKEMBANGAN

A. Hukum perkembangan
Suatu konsepsi yang biasanya bersifat deduktif dan menunjukkan adanyna hubungan Ajeg (Continue), perkembangan juga berlangsung dengan perlahan-lahan melalui masa demi masa,
kadang-kadang seseorang mengalami masa krisis pada masa kanak-kanak dan masa puberitas. Menurut penelitian para ahli bahwa perkembangan jasmani dan rohani menurut hukum-hukum perkembangan tertentu. Hukum-hukum perkembanganitu sendiri meliputi:

1. Hukum konvergensi
Pandangan tradisional berpendapat bahwa hasil pendidikan anak selalu dihubungkan dengan status orang tuanya. Schopen Hauer mengatakan bahwa manusia adalah hasil dari bentukan pembawaannya, sejak lahir ia telah membawa bakat kesanggupan atau potensi untuk dikembangkan, faham ini dinami aliran nativisme, dalam faham ini mengatakan bahwa pendidikan tidak mampu mengubahnya.
Pada abad ke 19 faham nativisme disingkirkan dengan faham enpirisme yang berasal dari john locke, dengan teori tabularasanya yang mengatkanbahwa child born like a sheefof white a void of all characters, ketika anak lahir diumpamakan sebagai kertas putih yang buram yangbelum ada coretan apapun. Jadi dalam diri anak jiwanya masih bersih dari pengaruh keturunan sehingga pendidikan dapat membentuknya menurut kehendaknya.
William stern menggabungkan kedua pendapat di atas kedalam hukum konvergensi yang mengatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak adalah pengaruh dari unsur lingkungan dan pembawaan

2. Hukum tempo perkembangan
Tiap jiwa anak mempunyai perkembanganberlainan menurut temponya masing-masing ada yang cepat ada pula yang lambat. Setiap anak dari hari ke hari akan mengalami perkembangan bahasa dan kemampuan bicara, namun tentunya tiap anak tidak sama persis pencapaiannya, ada yang cepat berbicara ada pula yang membutuhkan waktu agak lama. Untuk membantu perkembangannya ibu dapat membantu memberikan stimulasi yang disesuaikan dengan keunikan masing-masing anak. makanya kaum Ibu suka membanding-bandingkan perkembangan anaknya dengan perkembangan anak yang lain, suatu saat ditemukan seorang anak yang cepat sekali menguasai keterampilan berjalan, bercanda. Jadi tiap anak mempunyai perkembangan diri sendiri,

3. Hukum masa peka
Masa peka adalah suatu masa yang paling tepat untuk berkembang suatu fungsi kejiwaan atau fisik seorang anak dan peka akan pengaruh rangsangan yang datang, masa peka merupakan masa pertumbuhan, ketika suatu fungsi jiwa mudah sekali dipengaruhi dan diperkembangkan, usia 3-5 tahun adalah masa yang baik sekali untuk mempelajari bahasa Ibu dan bahasa daerahnya.

4. Hukum Rekapitulasi
Hukum Rekapitulasi ini perkembangan jiwa anak adalah ulangan kembali secara singkat dariperkembangan manusia di dunia. Teori Rekapitulasi mengatakan bahwa perkembangan yang dialami seorang anak merupakan ulangan (secara cepat) jika pengertian rekapitulasi ditransfer ke psikologi perkembangan dapat dikatakan bahwa perkembangan jiwa anak mengalami ulangan ringkas dari sejarah kehidupan umat manusia.

5. Hukum bertahan dan mengembangkan diri
Dalam kehidupan anak atu jiwa anak timbul dorongan dan hasrat untuk mempertahankan diri, dorongan yang pertama adalah dorongan untuk mempertahankan diri kemudian disusul dengandorongan mengembangkan diri
Dalam perkembangan jasmani dan rohani melihat hasrat dasar untuk mengembangkan pembawaan. Untuk anak-anak dorongan mengembangkan diri berbentuk hasrat mengenal lingkungan, dikalangan remaja timbul rasa persaingan dan perasaan dan belum puas terhadap apa yang telah dicapai.

6. Hukum irama ( ritme) perkembangan
Dalam perkembangan ini bukan lagi cepat atau lambatnya perkembangan akan tetapi kedalaman perkembangan anak mengalami gelombang atau pasang surut
Hukum perkembangan irama ini berlaku untuk perkembangan setiap orang baik perkembangan yang dialami seorang anak itu memusatkan perhatiannya untuk satu tugas perkembangan tertentu.

B. Tugas perkembangan

SILAHKAN DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA DISINI
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Hukum / Kumpulan Makalah dengan judul PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2010/06/psikologi-perkembangan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "PSIKOLOGI PERKEMBANGAN"

Post a Comment

TULIS DISINI....