KUMPULAN MAKALAH, SKRIPSI, & TIPS DAN TRIK

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

Download Kumpulan Makalah Gratis, Kumpulan Skripsi Gratis, Kumpulan Proposal Skripsi Gratis, Kumpulan Paper Gratis, Kumpulan Kliping Gratis, Kumpulan Makalah Pendidikan, Kumpulan Makalah Teknik Informatika, Kumpulan Makalah Sosiologi, Kumpulan Makalah Ekonomi, Kumpulan Makalah Ilmu Pengetahuan

CONTOH MEMBUAT METODE PENELITIAN DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA


A.     Jenis Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan berupa jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) karena digunakan untuk memperoleh gambaran mengenai minat belajar siswa selama proses pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara secara mendalam dengan terfokus pada subyek penelitian yang berkompeten dengan permasalahan tersebut, kemudian dianalisis dan diinterprestasikan sehingga mendapatkan hasil temuan penelitian, dengan melalui proses secara bertahap-tahap. (Iskandar, 2009 : 31).

Karena pendekatan yang digunakan berupa data  kualitatif, maka teknik analisis bersifat non statistik, yaitu pengolahan datanya tidak menggunakan analisis statistik, melainkan menggunakan analisis kualitatif. (Rosidi, 2005 : 29).

B.     Kehadiran Peneliti di Lapangan
Pelaksanaan penelitian ini menuntut kehadiran peneliti di lapangan karena peneliti merupakan perncana tindakan, pengumpul data dan pelapor hasil penelitian. Sebagai pemberi tindakan, peneliti berperan sebagai penyusun bahan ajar dan pelaksana tindakan.

C.     Lokasi dan Subjek Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Ulum Bettet Pamekasan yang berlokasi di Kompleks Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet, Jalan. KH. R. Sirajuddin Bettet Pamekasan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA B, dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Alasan memilih kelas ini, karena pada kelas tersebut minat belajar biologi sangat rendah disebabkan kurangnya siswa dalam mengemukakan pendapatnya sebanyak mungkin.

D.    Prosedur Penelitian
Penelitian ini merupan sejenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Tahap penelitian kegiatan secara siklus, berupa rangkain kegiatan yang akan kembali keasal, yaitu dalam bentuk siklus. Langkah-langkah tindakan ditunjukkan dalam gambar sebagai berukit :














 

























Adapun proses penelitian tindakan kelas ini dimulai dari perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), mengamati dan mengevaluasi (observation and evaluation) dan melakuakan refleksi (reflecting). Keempat proses ini membentuk siklus demi siklus sampai penelitan tuntas. Sehingga diperoleh data yang dapat dikumpulkan sebagai jawaban dari permasalan penelitian.
Sebelum pelaksanaan siklus, peneliti melakukan observasi awal lebih dahulu untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah lalu merumuskan seperti apa yang menjadi rumusan masalah ini, setelah itu menentukan tahapan PTK sebagai berikut ini :
Merencanakan → Melakukan Tindakan → Mengamati → Merefleksi.

E.     Teknik Pengumpulan Data
Pumgumpulan data pada penelitian ini meliputi :
  1. Wawancara, dilakukan dengan guru/siswa yang terlibat dalam penelitian untuk mengetahui kondisi awal pembelajaran biologi sebelum penelitian dimulai.
  2. Observasi, digunakan untuk mengamati secara langsung (ranah afektif)
  3. Angnket siswa terhadap pembelajaran acktive debat kepada siswa setelah penelitian



F.      Teknik Analisis Data
Data dalam penelitian ini bersifat kulitatif/ berbentuk kalimat. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian minat yang terdiri dari 10 pernyataan yang masing-masing poin mempunyai rentangan nilai 1-4.Penilaian minat ini memiliki skor minimal 10 dan skor maksimal 40 dengan kategori penilaian sebagai berikut:

                        Tabel 3.2 Analisis Penilaian Minat belajar
No
Skor Peserta Didik
Kategori Minat
1.
10-16
Tidak berminat
2.
17-24
Kurang berminat
3.
25-32
Berminat
4.
33-40
Sangat berminat


G.    Tahap-Tahap Penelitian
Sebelum peneliti melakukan perencanaan, terlebih dahulu peneliti melakukan observasi untuk mengetahui permasalahan yang ada di kelas, kemudian mengedentifikasi masalah, menganalisis masalah kemudian merumuskan menjadi rumusan masalah dalam pendidikan. Langkah berikutnya menentukan tahapan PTK terdiri dari:
1.      Perencanaan tindakan
Membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan sub pokok bahasan yang terdiri dari silabus dan RPP, serta menyiapkan buku yang relevan dengan sub pokok bahasan
2.      Pelaksanan Tindakan
a.       Kegiatan Awal
1)      Pembukaan (salam)
2)      Guru menyampaikan berbagai isu/pertanyaan tentang pokok materi untuk memancing diskus, 2-3 Siswa menjawab secara singkat. Lalu akan menuju pada materi yang akan dipelajari.
b.      Kegiatan Inti :
1)      Guru membagi kelas menjadi 2 tim debat. Siswa ditempatkan pada 2 posisi berlawanan, pro dan kontra. Setiap kelompok menunjuk juru bicaranya, 2 tim itu duduk secara berhadapan.
2)      Guru menyampaikan suatu pertanyaan yang terkait dengan isu kontroversial yang terkait dengan sistem respirasi, yaitu anggapan dikalangan remaja bahwa rokok adalah simbol kedewasaan .
3)      Masing-masing kelompok 2 tim yang dibentuk, berdebat dan saling mengembangkan argumen terhadap pendapatnya.
4)      Perdebatan usai, kelompok digabung menjadi satu kelas, (kembali ketempat masing-masing).
5)      Guru mengembangkan diskusi, tentang pengalaman debat dan tentang masalah yang sedang dibahas. Mereka diminta mengemukakan identifikasi argumen penting yang dibuat.
6)      Guru menyampaikan ulasan terakhir berdasarkan kesimpulan debat antar 2 tim.
c.       Kegitan Penutup
1)      Guru meminta siswa untuk mengerjakan tugas mandiri yang diberikan guru atau siswa mendalami materi dengan cara mengerjakan soal-soal latihan yang disiapkan pada LKS.
2)      Guru memberikan evalusi hasil kerja siswa, kemudian memberikan justifikasi materi (kesimpulan), diakhir proses pembelajaran   
3.      Observasi
Observasi pada penelitian ini dilakukan  saat pelaksanaan tindakan kelas dengan menggunakan lembar observasi sikap dan minat.
4.      Refleksi
Refleksi pada penelitian ini diadakan setelah observasi penelitian. Tujuannya untuk perbaikan proses belajar mengajar.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kumpulan Makalah / Teknik Informatika (TI) dengan judul CONTOH MEMBUAT METODE PENELITIAN DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://paper-makalah.blogspot.com/2011/01/contoh-membuat-metode-penelitian-dan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Udien bae -

Belum ada komentar untuk "CONTOH MEMBUAT METODE PENELITIAN DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA"

Post a Comment

TULIS DISINI....